Sabtu, 18 Februari 2017

Contoh Pidato Ahklak Kepada Kedua Orang Tua



AKHLAK KEPADA KEDUA  ORANG TUA



Dewan yuri yang saya hormati, serta teman teman yang saya sayangi. Pertama tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala nikmat dan rahmatnya, sehingga pada hari inikita masih dapat bermuajah dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat dan salam semoga tetap terlimpahkan pada junjungan nabi kita nabi agung Muhammad SAW. Semoga kita termasuk umatnya yang besok akan mendapat syafaatnya di hari kiamat. Amin
Hadirin yang saya hormati
Pada kesemapatan ini ijinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat dengan judul “AKHLAK KEPADA KEDUA ORANG TUA”tentunya teman tau kan? Apa itu akhlak kepada orang tua? Sejenak mari kita renungkan bahwa kita tadinya tidak ada di dunia. Akan tetapi atas jasa dan pengorbanan dari seorang ibu yang telah mengandung kita selama sembilan bulan dengan susah payah melindungi dan menjaga kita daam kandungan, kemanapun ibu pergi kita selalu di bawanya dalam keadaan hamil pada saat itu juga ibu berkata :
“biarkan aku yang mati asalkan anakku hidup”. Sedangkan ayah, menunggu dengan perasaan cemas, takut, sembari berdo’a semoga anakku keluar dengan keadaan selamat dan tidak cacat. Setelah kita lahir, kita diberi makan, pakaian, disekolahkannya, di antarkan ke guru ngaji, kalau sakit dibawa ke dokter. Ayah kita, mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan kita.
Teman teman yang saya sayangi
Dari apa yang saya paparkan tadi, tidak mungkin kita membalas jasa jasa orang tua kita, kecuali kita menjadi anak yang soleh, berakhlak mulia, dan selalu mendo’akan kedua orang tua kita. Maka jangan sekali kali kita memaki orang tua kita. Sebagaiman Nabi Muhammad SAW bersabda “termasuk dosa besar orang orang memaki ibu bapaknya”. Alloh SWT berfirman dalam Q.S Luqman ayat 14 :




Artinya:”Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada  kedua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandunya dalam keadaan lemas yang bertambah tambah, dan menyapihnya selama 2 tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-ku lah kembalimu”
Hadirin Hadirat rakhimakumulloh
Dari apa yang saya sampaikan dapat kita simpulkan, bahwa berakhlak kepada kedua orang tua adalah kewajiban kita. Marilah kita mendoakan kedua orangtua kita.


Artinya: “Ya alloh ampunilah dosa kami, dan dosa kedua orang tua kami kasihilah mereka sebagaimana mereka mengasihi kami pada waktu masih kecil “.
Demikian yang saya sampaikan, terima kasih segala perhatian, mohon maaf segala kesalahan
Billahi taufiq wal hidayah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar